Text
Hasil pelaksanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 5 Palembang tahun pelajaran 2015/2016
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang hasil pelaksanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 5 Palembang tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dimana subjek penelitian ini adalah kelas X Akuntansi 1 yang berjumlah 40 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan observasi. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa, rerata prosentase karakter jujur diperoleh dengan prosentase cukup baik, karakter disiplin dengan prosentase baik, karakter kerja keras dengan prosentase baik, karakter percaya diri dengan prosentase sangat baik, karakter ingin tahu dengan prosentase baik dan karakter bertanggung jawab dengan prosentase sangat baik. Kelemahan pada penelitian ini adalah instrument angket yang akan diberikan kepada peserta didik tidak divalidasi oleh ahli psikologi. Disamping itu kelemahan penelitian ini adalah pada saat pengisian lembar angket terdapat beberapa peserta didik yang tidak mengerti bagaimana cara pengisian angket karena pada saat peneliti sedang menjelaskan petunjuk pengisian angket ada beberapa peserta didik yang terlambat masuk kelas. Saran yang terkait dengan dengan hasil penelitian ini adalah untuk peneliti selanjutnya diharapkan untuk menggunakan instrumen yang divalidasi oleh ahli psikologi. Selain itu disarankan juga kepada peneliti selanjutnya supaya dapat mengkoordinasi terlebih dahulu kelas yang akan diteliti pada saat akan memberikan pejelesan petunjuk pengisan lembar angket, serta maksud dan tujuan dari angket, sehingga semua peserta didik dapat mengerti
No copy data
No other version available