Text
Penerapan analisis biplot dan rantai markovu ntuk mengetahui preferensi masyarakat terhadap merek smartphone (Studi Kasus: Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan)
Penelitian bertujuan untuk: 1) mengetahui karakteristik pangsa pasar
smartphone di Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir; 2) mengetahui preferensi
masyarakat terhadap merek smartphone terhadap produk smartphone; 3) membangun
model peluang perpindahan pengguna merek smartphone pada masyarakat di
Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. Penelitian dilakukan terhadap 68 responden
pengguna smartphone di Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan IIir. Metode analisis
yang digunakan yaitu analisis biplot dan analisis rantai Markov. Pangsa pasar
smartphone yang menguasai adalah merek samsung sebesar 47,06%. Hasil penelitian
menunjukan bahwa preferensi masyarakat terhadap pengguna smartphone adalah
sebagai berikut; merek samsung dengan nokia memiliki kemiripan relatif, merek advan
dengan merek lain, merek smartfren dengan samsung, sedangkan merek sony erecsson,
evercross, asus, oppo smartphone, dan lenovo sangat berbeda dengan merek lainnya.
Desain produk memiliki keragaman terbesar, sedangkan fitur memiliki keragaman
terkecil dibandingkan dengan peubah yang lain. Kualitas produk, fitur, dan keputusan
pembelian berkorelasi positif, sedangkan desain produk berkorelasi positif lemah.
Merek smartfren dan evercros di cirikan oleh peubah kualitas produk, fitur, dan
keputusan pembelian. Selanjutnya merek samsung, nokia, advan, lenovo dan merek
lain dicirikan oleh peubah desain. Sedangkan merek sony erecsson, asus, dan oppo
smartphone tidak memiliki peubah penciri. Peluang perpindahan smartphone yang
digunakan adalah sebagai berikut; merek samsung menguasai pasar, tetapi memiliki
tren menurun. Merek lenovo relatif stabil, dan memiliki tren meningkat. Merek nokia,
advan, oppo smartphone, asus, smartfren, evercross, sony erecsson, dan merek lain
memiliki tren menurun. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mempertimbangkan
kemungkinan terdapat merek lain yang masuk di pasaran pada waktu tertentu.
Kata Kunci: Analisis Biplot, Analisis Rantai Markov, Smartphone.
No copy data
No other version available