Skripsi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 05 INDRALAYA PADA TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA DENGAN MENGGUNAKAN LKPD BERBASIS PRAKTIKUM
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 05 Indralaya melalui pengunaan Lembar Kerja Peserta Didik pada Tema Panas dan Perpindahannya dengan Menggunakan LKPD Berbasis Praktikum. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Setiap tahapan siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian ini dapatkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I yaitu 67,03 dengan ketuntasan klasikal peserta didik mencapai 45,17%, kemudian pada siklus II rata-rata yang diperoleh yaitu 79,83 dengan ketuntasan klasikal peserta didik mencapai 80,64%, Hal tersebut menunjukkan bahwa melalui penggunaan LKPD berbasis praktikum dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dari proses pembelajaran siklus I diperoleh keaktifan peserta didik dengan persentase keaktifan 84,79% dan kategori keaktifan “sangat aktif”. Sedangkan dari proses pembelajaran pada siklus II diperoleh keaktifan peserta didik dengan persentase keaktifan 86,11% dan kategori keaktifan “sangat aktif”. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Hasil Belajar, Keaktifan Peserta Didik
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107000652 | T40764 | T407642021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available