Skripsi
IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK PERILAKU BERMASALAH PADA SISWA “A” YANG MENGALAMI BROKEN HOME DITINJAU DARI TEORI KONSELING REALITAS DI SMP NEGERI 33 PALEMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perilaku bermasalah pada siswa A yang mengalami broken home ditinjau dari teori konseling realitas di SMP Negeri 33 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan metode wawancara pada siswa , guru BK, teman dekat siswa A, dan keluarga. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian telah diketahui bahwa karakteristik perilaku bermasalah pada siswa A yang mengalami broken home, apabila ditinjau dari teori konseling realitas maka A mengalami perilaku : Keterasingan/ dimana A merasa kesepian diantara teman-teman dan keluarganya, Penolakan diri /menolak kenyataan siswa A belum bisa menerima kenyataan atas permasalahan yang terjadi dikeluarganya, Tidak objektif / Irasional ini dibuktikan dari timbulnya pemikiran yang negatif dari siswa A bahwa ia tidak yakin masa depannya akan berhasil tanpa adanya kedua orang tua yang mendukungnya, Tidak bertanggung jawab ini dibuktikan dari seringnya siswa A tidak masuk sekolah dan tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya, dan yang terakhir yakni kurang percaya diri siswa A teridentifikasi bahwa ia tidak yakin, ragu-ragu akan kemampuan yang ia miliki. Kata Kunci : Perilaku bermasalah,Broken home,Teori konseling realitas
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2007000445 | T32335 | T323352020 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available