Skripsi
PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERORIENTASI HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) DALAM PEMBELAJARAN PPKn TERHADAP NILAI-NILAI KARAKTER SISWA DI SMAN 1 INDRALAYA
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran
berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) dalam pembelajaran PPKn
terhadap nilai-nilai karakter siswa di SMAN 1 Indralaya. Penelitian ini
menggunakan Pre-experimental design bentuk one-group pretest-posttest design.
Populasi penelitian seluruh kelas X dan XII IPA berjumlah 278 orang dengan
sampel kelas X IPA 3 berjumlah 29 orang dengan teknik purposive sampling.
Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan angket.
Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana berbantuan SPSS.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan dari penerapan pembelajaran berorientasi HOTS
(Higher Order Thinking Skills) dalam pembelajaran PPKn terhadap nilai-nilai
karakter siswa di SMAN 1 Indralaya. Hal tersebut dapat diketahui berdasarkan
hasil uji N-gain score 0,4765 kategori sedang, minimal 0,37 dan maksimal 0,55
dengan tingkat pengaruh positif, sedangkan uji hipotesis didapatkan nilai
signifikan yaitu Sig. > α (0.359 > 0.05) sehingga disimpulkan menerima Ha dan
menolak H0.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107000386 | T45592 | T455922021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available