Text
HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN PENALARAN ILMIAH PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 10 PALEMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan kemampuan penalaran ilmiah peserta didik di SMA Negeri 10 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasi dengan teknik random sampling. Sampel penelitian terdiri dari peserta didik kelas XI MIA dengan jumlah 69 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen soal kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan oleh Tiara 2020 dan soal penalaran ilmiah Lawson’s Classroom Test of Scientific Reasoning (LCTSR) yang disebar melalui google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik berada pada kategori kurang dengan rata-rata nilai 43,30 dan kemampuan penalaran ilmiah peserta didik mayoritas berada pada level operasional konkret dengan persentase 88,41%. Hasil uji korelasi antara kemampuan berpikir kritis dan kemampuan penalaran ilmiah peserta didik menunjukkan korelasi positif dengan interpretasi rendah yaitu koefisien korelasi sebesar 0,250.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107000514 | T47814 | T478142021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available