Skripsi
ANALISIS PERSPEKTIF TENAGA KESEHATAN TENTANG IMPLEMENTASI AKREDITASI DAN KUALITAS PELAYANAN PUSKESMAS DI KOTA PALEMBANG
Akreditasi pada fasilitas primer sudah dilakukan di berbagai negara
termasuk di Indonesia. Tenaga kesehatan merupakan pemberi layanan kesehatan
yang terlibat langsung dalam proses akreditasi. Berkenaan dengan hal tersebut,
tenaga kesehatan di Puskesmas belum merasakan dampak akreditasi Puskesmas
terhadap kualitas pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis
perspektif tenaga kesehatan tentang implementasi akreditasi dan kualitas
pelayanan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan cross
sectional menggunakan data primer. Instrumen pengumpulan data yaitu kuesioner
yang valid dari penelitian (El-Jardali, Jamal, Dimassi, Ammar, & Tchaghchaghian,
2008) dengan sampel berjumlah 317 orang tenaga kesehatan di Puskesmas wilayah
Kota Palembang, dilakukan pada bulan Februari s.d April 2020. Pemilihan
responden berdasarkan simple random sampling. Analisis multivariate dengan uji
statistik Regresi Logistik Ganda menggunakan aplikasi statistik komputerisasi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kepemimpian p-value <
0,001; OR=11,994 (95% CI: 6,657 – 21,610), perencanaan strategis p-value <
0,001; OR=11,644 (95% CI: 6,472 – 20,950), fokus sumber daya manusia p-value
< 0,001; OR=3,734 (95% CI: 2,200 – 6,339), fokus pelanggan p-value < 0,001 dan
OR=19,364 (95% CI: 9,779 – 38,344), proses manajemen p-value < 0,001;
OR=11,667 (95% CI: 6,368 – 21,375), keterlibatan staff p-value < 0,001 dan
OR=9,205 (95% CI: 5,087 – 16,658), manfaat akreditasi p-value < 0,001 dan
OR=5,797 (95% CI: 3,250 – 10,339) dengan kualitas pelayanan. Sedangkan status
akreditasi tidak berhubungan dengan kualitas pelayanan. Fokus pelanggan
merupakan varaibel yang paling dominan berhubungan dengan kualitas pelayanan.
Penelitian ini menunjukkan bahwa akreditasi dapat mendorong upaya peningkatan
kualitas pelayanan. Dari sudut pandang tenaga kesehatan, Puskesmas perlu
memperhatikan fokus pelanggan sebagai faktor prioritas dalam upaya peningkatan
kualitas pelayanan. Tenaga kesehatan perlu menjaga kualitas dengan melaksanakan
pelayanan sesuai standar yang telah ditetapkan.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2007000301 | T38114 | T381142020 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available