Skripsi
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KUALITAS BELAJAR MAHASISWA FISIP UNSRI
Google classroom merupakan salah satu bentuk media e-learning. Google classroom diharapkan dapat meringankan beban kegiatan belajar karena dapat diakses kapan saja, di mana saja, serta dapat menghubungkan dosen dan mahasiswa saat berada di luar atau di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran google classroom terhadap kualitas belajar mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya angkatan 2018 dan 2019 yang berjumlah 1710 mahasiswa. Sampel penelitian berjumlah 95 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Variabel penelitian ini adalah Penggunaan Media Pembelajaran Google Classroom (X) dan Kualitas Pembelajaran (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa thitung (7,082) > ttabel (1,985) dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,713 dan koefisien determinan sebesar 0,508. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran google classroom terhadap kualitas belajar mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya sebesar 50,8%. Kata kunci: Media Pembelajaran, Google Classroom, Kualitas Pembelajaran
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107000479 | T47944 | T479442021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available