Skripsi
PREFERENSI KONSUMEN DAN FAKTOR-FAKTOR PENENTU KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI NANAS (ANANAS COMOSUS L.) DI PASAR INDRALAYA KABUPATEN OGAN ILIR
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan Karakteristik Sosial
Ekonomi Konsumen yang Membeli Nanas Lokal di Pasar Indralaya Kabupaten
Ogan Ilir. (2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam
pengambilan keputusan pembelian nanas lokal di Pasar Indralaya Kabupaten Ogan
Ilir. (3) Menganalisis kecenderungan (preferensi) konsumen terhadap atribut Nanas
Lokal di Pasar Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. Penelitian dilakukan di Pasar
Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
survei. Metode penarikan contoh dalam penelitian ini menggunakan metode
accidental sampling, yaitu setiap orang yang kebetulan ditemui peneliti ketika
datang ke lokasi pengambilan sampel. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini
adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)
karakteristik usia responden dalam penelitian ini sebagian besar berada pada fase
Dewasa Awal (26-35). Selanjutnya pada tingkat pendidikan responden dalam
penelitian ini 50% responden tamat SMA. Diikuti tingkat pendapatan responden
dalam penelitian ini berkisar antara Rp. 2.600.000 sampai dengan Rp. 6.000.000.
Kemudian pekerjaan responden dalam penelitian ini 28% bekerja sebagai pegawai
swasta dan wiraswasta. (2) Pendapatan berpengaruh signifikan terhadap keputusan
konsumen dalam membeli nanas. Sedangkan harga, umur, dan tingkat pendidikan
tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli nanas.
(3) Atribut terpenting Nanas bagi Responden adalah Harga, Rasa dan Ukuran.
Sedangkan atribut yang dianggap tidak penting oleh konsumen yaitu aroma
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107000306 | T44913 | T449132021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available