Skripsi
ANALISIS HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI PADA PEMBELAJARAN DARING SD NEGERI 03 TANJUNG BATU
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis hasil belajar
afektif. kognitif, dan psikomorik peserta didik semester ganjil tahun ajaran
2020/2021 kelas VI pada pembelajaran daring SD Negeri 03 Tanjung Batu.
Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini adalah analisis dokumen dan wawancara.
Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 1 orang guru wali kelas VI A dan 26
orang peserta didik dan penentuan sampel menggunakan teknik cluster sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran daring di kelas VI A SD
Negeri 03 Tanjung Batu menggunakan sistem belajar satu hari satu mata pelajaran.
(2) Instrumen penilaian afektif buatan guru tidak memiliki indikator yang jelas
sehingga dinilai kurang objektif bila digunakan dalam penilaian. (3) Hasil belajar
kognitif peseta didik tergolong rendah dan belum sepenuhnya mencapai target
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan. KKM yang ditentukan
untuk kelas VI A SD Negeri 03 Tanjung Batu adalah 70. Dari 26 orang peserta didik
ada 9 orang peserta didik yang memiliki rata-rata nilai hasil belajar di bawah KKM.
Sehingga ada 17 orang yang nilai hasil belajar kognitifnya di atas KKM. (4) Hanya
sebagian kecil kompetensi dasar psikomotorik yang tercapai dalam pembelajaran
daring, yaitu kompetensi dasar 4.4 pada muatan Bahasa Indonesia dan kompetensi
dasar 4.4 pada muatan SBdP. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran
daring hasil belajar peserta didik cenderung rendah yakni hanya 65,4 % peserta didik
yang dapat mencapai ketuntasan
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107000400 | T46836 | T468362021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available