Skripsi
PENGEMBANGAN GAME STRATEGI BERBASIS KECERDASAN BUATAN ADAPTIF MENGGUNAKAN FUZZY RULE BASED.
Game telah dimainkan oleh banyak orang, salah satu daya tarik sebuah game
yaitu tingkat kesulitan game tersebut. Tingkat kesulitan pada game diatur oleh
kecerdasan buatan yang biasanya bersifat statis. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan kecerdasan buatan berbasis fuzzy Tsukamoto yang dapat beradaptasi
terhadap lingkungan permainan, dan mengubah kesulitan dari game tersebut.
Pengembangan akan dilakukan menggunakan unity engine dengan bahasa
pemrograman C#. Penelitian ini akan membandingkan rasio menang atau kalah dari
permainan yang menggunakan fuzzy Tsukamoto dan script statis dengan total 200 kali
permainan dan masing-masing sebanyak 100 kali permainan. Berdasarkan pengujian
yang telah dilakukan didapatkan persentase kemenangan fuzzy Tsukamoto 71%, dan
script statis 81%. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, dapat
disimpulkan bahwa fuzzy Tsukamoto berhasil meningkatkan kesulitan game dengan
metode adaptif
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107000399 | T46414 | T464142021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available