Skripsi
ANALISIS TEGANGAN, REGANGAN DAN PERPINDAHAN RANGKA MOTOR JENIS DELTA BOX R15 PADA KONDISI STATIS MENGGUNAKAN PROGRAM ANSYS
Sepeda motor adalah alat transportasi yang banyak digunakan di negara berkembang seperti Indonesia. Rangka merupakan komponen yang sangat penting dari sepeda motor karena berfungsi sebagai penopang mesin, sistem suspensi dan sistem kelistrikan sehingga menjadi kesatuan yang membuat sepeda motor dapat berjalan. Rangka sepeda motor dirancang sebagai penopang beban, penumpang dan muatan yang menerima gaya. Rangka deltabox paling banyak digunakan pada motor sport modern. Konsep dasar desain rangka deltabox adalah memperpendek jarak antara setang kemudi dan lengan ayun, dengan tujuan agar segala macam efek mekanika bahan pembuat rangka seperti elastisitas serta getaran akibat raungan mesin yang sedang dipacu dapat diminimalisir sehingga dapat menambah kekakuan sepeda motor. Material yang dipakai pada rangka motor R15 adalah AISI 1010 baja dengan kadar karbon rendah. Tujuan utama dari setiap analisa tegangan yaitu untuk menemukan distribusi perpindahan dan tegangan pada pembebanan dan kondisi pada batas tertentu. Tegangan adalah kekuatan gaya yang menyebabkan perubahan bentuk benda atau didefinisikan sebagai perbandingan antara gaya yang bekerja pada benda dengan luas penampang benda. Regangan adalah ukuran mengenai seberapa jauh batang tersebut berubah bentuk, tegangan diberikan pada materi dari arah luar, sedangkan regangan adalah tanggapan materi terhadap tegangan. Perpindahan merupakan berubahnya posisi/bentuk material dari bentuk semula karena pembebanan yang diberikan.maka dari itu besarnya tegangan dan pusat pembebanan mempengaruhi besarnya perpindahan yang terjadi. Jika tegangan yang besar terjadi maka perpindahan yang terjadi juga akan besar, begitupun juga sebaliknya jika tegangan yang terjadi kecil, maka perpindahan yang terjadi juga kecil. Gaya – gaya yang diterima rangka dapat disimulasikan menggunakan program ANSYS 17.2. ANSYS merupakan software yang dapat digunakan untuk mencari tegangan regangan dan perpindahan dan mensimulasikan gaya–gaya yang diakibatkan oleh beban dari pengendara dan muatan. Penelitian bertujuan untuk menganalisis distribusi tegangan, regangan, dan perpindahan yang terjadi pada rangka motor R15 serta mengetahui titik daerah yang rawan dengan kerusakan seperti crack, fracture dan pembengkokan. Manfaat dari penelitian ini diharapkan sebagai referensi bagi orang yang akan melakukan penelitian di masa yang akan datang. Dalam simulasi menggunakan software ANSYS beban yang digunakan antara lain pengendara 70kg, penumpang 30kg, tangki 13kg, dan beban mesin 40kg. Berdasarkan hasil yang diperoleh nilai tegangan von misses maksimum pertama sebesar 3,0081x108 Pa dan tegangan von mises maksimum kedua sebesar 2,6739x108 Pa. Hasil safety factor yang didapat pada tegangan von misses maksimum pertama dan kedua dengan nilai 1,0139 dan 1,1409. Sehingga dapat disimpulkan bahwa analisis dari rangka motor vixion deltabox adalah aman. Hasil nilai regangan utama maksimum terbesar adalah 1,5813x10-3 dan nilai regangan utama maksimum terkecil adalah 4,6964x10-8. Hasil nilai regangan utama minimum terbesar adalah 3,525x10-7 dan nilai regangan utama minimum terkecil -1,1785x10-3, Hasil nilai displacement terbesar adalah 5,1843x10-4 m sedangkan nilai displacement terkecil adalah 0 m.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2007000091 | T40950 | T409502020 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available