Text
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS ARCS-V (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION, AND VOLUTION) PADA MATERI PENDAHULUAN FISIKA KUANTUM
Berdasarkan hasil survey terhadap 41 mahasiswa Pendidikan Fisika di Universitas Sriwijaya, sebanyak 85,7% mahasiswa mengaku bahwa bahan ajar Pendahuluan Fisika Kuantum yang digunakan saat ini belum membantu mereka dengan baik dalam memahami materi yang diajarkan. Mahasiswa menyatakan bahwa mereka membutuhkan sebuah bahan ajar digital yang dapat meningkatkan motivasi mereka dalam belajar. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan bahan ajar digital berbasis model motivasi ARCS-V menggunakan aplikasi Sway dalam materi Persamaan Schrodinger. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar digital yang valid dan praktis. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian Rowntree yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi menggunakan teknik evaluasi Tessmer yang terdiri dari selfevaluation, expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli dan angket. Berdasarkan hasil expert review dari dua aspek penilaian diperoleh rara-rata penilaian para ahli sebesar 97,5% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil One-to-One Evaluation dan Small Group Evaluation diperoleh rata-rata tanggapan mahasiswa secara berurutan adalah 88,6% dan 89,6% yang termasuk ke dalam kriteria sangat praktis. Hasil data ini menunjukkan bahwa bahan ajar digital yang dikembangkan sudah valid dan praktis. Tanggapan yang diberikan mahasiswa pada survey juga menunjukkan bahwa mereka lebih merasa tertarik dan termotivasi untuk belajar dengan menggunakan bahan ajar digital. Sehingga, produk ini sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107000272 | T44409 | T444092021 | Central Library (REFERENCES) | Available |
No other version available