The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS ARCS-V (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION, AND VOLUTION) PADA MATERI PENDAHULUAN FISIKA KUANTUM

Text

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS ARCS-V (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION, AND VOLUTION) PADA MATERI PENDAHULUAN FISIKA KUANTUM

Cahyati, Nilam - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Berdasarkan hasil survey terhadap 41 mahasiswa Pendidikan Fisika di Universitas Sriwijaya, sebanyak 85,7% mahasiswa mengaku bahwa bahan ajar Pendahuluan Fisika Kuantum yang digunakan saat ini belum membantu mereka dengan baik dalam memahami materi yang diajarkan. Mahasiswa menyatakan bahwa mereka membutuhkan sebuah bahan ajar digital yang dapat meningkatkan motivasi mereka dalam belajar. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan bahan ajar digital berbasis model motivasi ARCS-V menggunakan aplikasi Sway dalam materi Persamaan Schrodinger. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar digital yang valid dan praktis. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian Rowntree yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi menggunakan teknik evaluasi Tessmer yang terdiri dari selfevaluation, expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli dan angket. Berdasarkan hasil expert review dari dua aspek penilaian diperoleh rara-rata penilaian para ahli sebesar 97,5% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil One-to-One Evaluation dan Small Group Evaluation diperoleh rata-rata tanggapan mahasiswa secara berurutan adalah 88,6% dan 89,6% yang termasuk ke dalam kriteria sangat praktis. Hasil data ini menunjukkan bahwa bahan ajar digital yang dikembangkan sudah valid dan praktis. Tanggapan yang diberikan mahasiswa pada survey juga menunjukkan bahwa mereka lebih merasa tertarik dan termotivasi untuk belajar dengan menggunakan bahan ajar digital. Sehingga, produk ini sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2107000272T44409T444092021Central Library (REFERENCES)Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T444092021
Publisher
Inderalaya : Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya., 2021
Collation
xi, 58 hlm. : tab. ; 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371.307
Content Type
Text
Media Type
unmediated
Carrier Type
unspecified
Edition
-
Subject(s)
Metode belajar mengajar
Pendidikan Fisika
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Win
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS ARCS-V (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION, AND VOLUTION) PADA MATERI PENDAHULUAN FISIKA KUANTUM
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search