The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan soal keterampilan proses sains pada pembelajaran Biologi SMA

Text

Pengembangan soal keterampilan proses sains pada pembelajaran Biologi SMA

Dyah Kesuma Ramadhani - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian pengembangan soal Keterampilan Proses Sains (KPS) telah dilakukan untuk bahan kajian alat ukur KPS pada mata pelajaran Biologi kelas XI di SMA. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan produk instrumen tes KPS yang valid dan praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Development Research (DR) yang mengacu pada model pengembangan instrumen Djaali dan Mulyono (2008). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap sintesa teori dan analisis kebutuhan, tahap perancangan (konstruksi variabel, pengembangan indikator, penyusunan kisi-kisi soal, penulisan instrumen, penskoran) dan tahap evaluasi. Tahap evaluasi terbagi menjadi tiga yaitu uji validitas, uji reliabilitas dan analisis butir item. Analisis butir item dilakukan dengan menganalisis derajat kesukaran, daya beda dan fungsi distraktor. Validasi soal KPS dilakukan melalui dua tahap, yaitu validasi teoritik (ahli isi, ahli konstruk dan ahli bahasa) serta validasi empiris (jawaban peserta tes). Berdasarkan validasi teoritik didapat hasil nilai rata-rata yaitu 4,2 yang menunjukkan bahwa soal KPS valid. Kepraktisan soal KPS dapat diketahui melalui hasil analisis angket peserta tes pada tahap uji coba. Nilai rata-rata hasil angket kepraktisan pada saat uji coba adalah 3,64 yang menunjukkan bahwa soal KPS termasuk kategori sangat praktis. Hasil analisis uji validasi ahli dan analisis angket peserta didik menunjukkan bahwa soal KPS yang dihasilkan valid dan praktis.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
570.7 Dya p 2016
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2016
Collation
xiii, 66 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
570.7
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Biologi - Pendidikan
Pengembangan soal
keterampilan proses sains
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search