Text
Pengembangan soal keterampilan proses sains pada pembelajaran Biologi SMA
Penelitian pengembangan soal Keterampilan Proses Sains (KPS) telah dilakukan untuk bahan kajian alat ukur KPS pada mata pelajaran Biologi kelas XI di SMA. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan produk instrumen tes KPS yang valid dan praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Development Research (DR) yang mengacu pada model pengembangan instrumen Djaali dan Mulyono (2008). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap sintesa teori dan analisis kebutuhan, tahap perancangan (konstruksi variabel, pengembangan indikator, penyusunan kisi-kisi soal, penulisan instrumen, penskoran) dan tahap evaluasi. Tahap evaluasi terbagi menjadi tiga yaitu uji validitas, uji reliabilitas dan analisis butir item. Analisis butir item dilakukan dengan menganalisis derajat kesukaran, daya beda dan fungsi distraktor. Validasi soal KPS dilakukan melalui dua tahap, yaitu validasi teoritik (ahli isi, ahli konstruk dan ahli bahasa) serta validasi empiris (jawaban peserta tes). Berdasarkan validasi teoritik didapat hasil nilai rata-rata yaitu 4,2 yang menunjukkan bahwa soal KPS valid. Kepraktisan soal KPS dapat diketahui melalui hasil analisis angket peserta tes pada tahap uji coba. Nilai rata-rata hasil angket kepraktisan pada saat uji coba adalah 3,64 yang menunjukkan bahwa soal KPS termasuk kategori sangat praktis. Hasil analisis uji validasi ahli dan analisis angket peserta didik menunjukkan bahwa soal KPS yang dihasilkan valid dan praktis.
No copy data
No other version available