Skripsi
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATERI TERMODINAMIKA DI SMAN 1 TALANG KELAPA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal materi termodinamika dengan indikator kemampuan berpikir kritis. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 peserta didik kelas XI IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan pengambilan data menggunakan teknis tes berupa soal uraian berjumlah 8 buah soal yang terdiri dari 3 indikator kemampuan berpikir kritis, yaitu 3 soal pada indikator analisis, 3 soal pada indikator evaluasi, dan 2 soal pada indikator inferensi. Hasil analisis data didapatkan 78% peserta didik berada pada kategori kemampuan berpikir kritis sangat rendah, 17% peserta didik berada pada kategori kemampuan berpikir kritis rendah, dan 5% peserta didik berada pada kategori kemampuan berpikir kritis sedang. Berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis, persentase paling tinggi yakni 49% terdapat pada indikator analisis dan berada pada kategori kemampuan berpikir kritis rendah, sedangkan indikator lainnya berada pada kategori sangat rendah, yakni indikator evaluasi 26%, indikator inferensi 20%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik masih berada pada kategori sangat rendah. Berdasarkan hal tersebut saran yang diberikan peneliti untuk pendidik adalah agar lebih sering memberikan peserta didik soal-soal dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107000354 | T46000 | T460002021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available