Skripsi
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 13 Palembang tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 yang berjumlah 33 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan pengambilan data menggunakan teknik tes berupa pilihan ganda beralasan dan esai berjumlah 10 soal kategori HOTS yang terdiri dari 5 soal kategori kemampuan menganalisis, 3 soal kategori kemampuan mengevaluasi, dan 2 soal kategori kemampuan mengkreasi atau mencipta. Analisis data yang dilakukan agar mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yaitu dengan menghitung nilai siswa dalam menjawab soal yang diberikan kemudian dikelompokkan berdasarkan kriteria kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir siswa dalam menyelesaikan soal HOTS berada pada kategori rendah. Pada setiap indikator kemampuan berpikir tingkat tinggi, hasil menunjukkan bahwa persentase terbesar terletak pada tingkat kemampuan menganalisis yaitu sebesar 48,06%, dilanjutkan kemampuan mencipta atau mengkreasi yaitu sebesar 26,89%, dan yang paling rendah adalah kemampuan mengevaluasi yaitu sebesar 22,42%. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Siswa, Momentum dan Impuls
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107000373 | T46271 | T462712021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available