Skripsi
STUDI KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI MATERI GERAK LURUS BERATURAN KELAS X IPA SMA NEGERI 9 PALEMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Kognitif siswa berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi pada pembelajaran Fisika materi Gerak Lurus Beraturan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan pendekatan deskriptif dan metode kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 34 siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 9 Palembang tahun ajaran 2020/2021. Teknik validasi penelitian ini menggunakan expert judgment atau penilaian kevalidan instrumen oleh dosen pembimbing. Instrumen yang divalidasi merupakan 12 soal pilihan ganda materi Gerak Lurus Beraturan dengan level kognitif C1-C6 Taksonomi Bloom Revisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa level kognitif yang termasuk kategori sangat baik yaitu pada level kognitif mengingat (remember), memahami (understand), dan mengaplikasikan (apply) dengan rata-rata 88,2%. Lalu level kognitif yang termasuk kategori cukup baik yaitu pada level kognitif menganalisis (analyze) dan mengevaluasi (evaluate) dengan rata-rata 52,9%. Serta level kognitif yang termasuk kategori gagal yaitu pada level mencipta (create) dengan rata-rata 33,8%. Kata Kunci: Kemampuan Kognitif, Taksonomi Bloom Revisi, Gerak Lurus Beraturan
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107000372 | T46244 | T462442021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available