Text
Pengaruh penerapan metode pembelajaran Brainstorming terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas X SMA Negeri 11 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran brainstorming terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas X SMA Negeri 11 Palembang. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 11 Palembang yang berjumlah 408 orang dengan menggunakan tekink sampelpurposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yaitu teknik dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil observasi data penelitian diproleh perbedaan rerata persentase keaktifan belajar siswa menggunakan metode pembelajaran curah pendapat sbesar 77.25% dengan kategori aktif, sedangkan rerata persentase keaktifan belajar siswa dengan metode pembelajaran problem solving hanya 71.7% dengan kategori aktif. Didukung pula dari hasil analisis uji t dengan rumus independent sample t-tes menujukkan thitung 6,429 sedangkan ttabel 1.690. Dengan demikian thitung> ttabel Artinya menolak Ho dan menerima Ha, dengan demikian adanya perbedaan yang signifikan dari penerapan metode pembelajaran brainstorming terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas X SMA Negeri 11 Palembang.
No copy data
No other version available