Skripsi
PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG DI BNI TAPLUS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SRIWIJAYA (STUDI KASUS PRODUK BNI TAPLUS)
Pada Penelitian ini penulis meneliti pengaruh dari Ekuitas merek yang terdiri dari empat elemen yaitu Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Kesan Kualitas Merek dan Loyalitas Merek terhadap keputusan nasabah menabung di BNI Taplus. Tujuan dari penelitian ini untuk 1) mengetahui elemen mana dari Ekuitas Merek yang paling mempengaruhi keputusan nasabah menabung di BNI Taplus, dan 2) mengetahui seberapa besar Ekuitas Merek mempengaruhi keputusan nasabah menabung di BNI Taplus. Responden pada penelitian ini berjumlah 100 responden yang merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya Inderalaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dari hasil uji t variabel kesan kualitas merek dan loyalitas merek mampu mempengaruhi keputusan nasabah menabung di BNI Taplus dengan persamaan Y = 1,744 + 0,545 X3 + 0,355 X4. Variabel dari ekuitas merek yang paling besar mempengaruhi keputusan nasabah menabung di BNI Taplus adalah yaitu kesan kualitas merek sebesar 0,545, kemudian ekuitas merek memiliki nilai koefisien regresi (determinasi) sebesar 0,715, berarti 71,5% variasi dari ekuitas merek dapat menjelaskan variabel keputusan nasabah sedang sisanya sebesar 28,5% lagi dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini dan dianggap tetap, misalnya promosi, harga, differensiasi produk, positioning produk dan lainlain. Maka, sebaiknya pihak BNI dengan program simpanan BNI Taplusnya harus bisa meningkatkan kesan kualitas mereknya, karena kesan kualitas merek merupakan salah satu pertimbangan utama konsumen dalam menabung di BNI Taplus pada penelitian ini. Kesan kualitas merek BNI Taplus dapat ditingkatkan, dengan meningkatkan kualitas ATM dalam kecepatan transaksi dan melakukan penarikan dengan berbagai jumlah pecahan rupiah dari nominal terkecil hingga terbesar, meningkatkan kualitas sistem antrian teller dalam hal kecepatan kinerjanya, memberikan pelatihan ataupun modul bagi nasabah yang ingin bertransaksi dari Mobile Banking ataupun Internet Banting, sehingga nasabah semakin termotivasi dan memiliki sikap yang baik terhadap produk BNI Taplus. Kemudian BNI harus lebih sering melakukan acara, promosi ataupun program yang dapat meningkatkan loyalitas konsumen melalui lingkungan terdekat dari konsumen itu sendiri seperti keluarga, teman, media elektronik dan media cetak, sehingga konsumen menjadi nasabah yang komitmen dan menyukai merek karena itu merupakan tingkatan tertinggi dari loyalitas merek.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1107000162 | T45328 | T45328 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available