Skripsi
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III DI RUMAH SAKIT RK. CHARITAS PALEMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui hubungan antara kualitas
layanan dari Rumah Sakit RK. Charitas Palembang dengan kepuasan pasien rawat
inap kelas III dan 2) untuk mengetahui dimensi kualitas layanan yang dominan
berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas III.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa dari delapan dimensi kualitas
layanan yang diteliti, hanya ada tiga dimensi yang berpengaruh terhadap kepi
pasien rawat inap kelas III. Ketiga dimensi tersebut adalah dimensi Efektifitas dan
Keberlanjutan (X2), dimensi Efisiensi (Xs), dan dimensi Kesan Pertama (X?).
Ketiga dimensi tersebut memperlihatkan bahwa layanan diberikan oleh SDM
adalah layanan yang berkompeten dan profesional di bidangnya, biaya yang
dikeluarkan sesuai dengan layanan yang diberikan, dan kesan pertama terhadap
ruangan perawatan, fasilitas - fasilitas, dan SDM rumah sakit. Dimensi kualitas
layanan yang dominan berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas III
•
adalah dimensi Efektifitas dan Keberlanjutan (X2). Hal ini disebabkan dimensi ini
memiliki nilai koefisien regresi yang lebih besar daripada dimensi lainnya.
Untuk memperbaiki kualitas layanan yanng dirasakan masih kurang yang
telah diberikan rumah sakit, peneliti memberikan beberapa saran kepada pihak
manajemen rumah sakit. Beberapa saran yang diberikan, yaitu memperbaiki dan
meningkatkan fasilitas fisik dan fasilitas medis yang sesuai dengan perkembangan
iptek kesehatan dan pengembangan layanan yang lebih baik kepada pasien yang
diberikan oleh stafrumah sakit, khususnya dokter dan perawat.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0807000363 | T44279 | T44279 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available