The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of REPRESENTASI STIGMATISASI ODGJ PADA MEDIA MASSA (ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN PKS VERSI ISTRI DICULIK)

Skripsi

REPRESENTASI STIGMATISASI ODGJ PADA MEDIA MASSA (ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN PKS VERSI ISTRI DICULIK)

Anggraini, Hesti - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Di jaman sekarang ini perkembangan teknologi dan komunikasi semakin luas dan
memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi. Seperti media massa,
media massa merupakan alat kontrol kekuatan bagi masyarakat untuk
mendapatkan infromasi lebih luas lagi. Pada penelitian ini, peneliti akan
membahas tentang Representasi Stigmatisasi ODGJ Pada Media Massa (Analisis
Semiotika pada Iklan PKS Versi Istri diculik) penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana representasi stigmatisasi ODGJ pada media massa iklan
PKS versi istri diculik. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Teori
Stigma dari Erving Goffman yang memiliki 2 konsep utama pemikiran tantang
stigma yaitu Self dan Identity. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah
metode kualitatif dengan analisis semiotika dari John Fiske yang memiliki tiga
asumsi yaitu melalui tiga level analisis. Pada level Realitas menggunakan kode
kostum, ekspresi, gesture, dan lingkungan. Pada level Representasi menggunakan
kode teknik kamera, dialog, dan editing. Sedangkan pada level Ideologi
menggunakan kode othering atau pe-liyan-an. Hasil dari penelitian menunjukkan
bahwa stigmatisasi terhadap ODGJ pada iklan ini yaitu secara langsung dan tidak
langsung. Stigma secara langsung berupa perkataan “sarap” dan “orang gila”
sedangkan stigma secara tidak langsung berupa beberapa adegan yang
memperlihatkan ODGJ pada iklan PKS versi istri diculik ini di media massa


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2107000256T45340T453402021Central Library (REFERENCES)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T453402021
Publisher
Indralaya : Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya., 2021
Collation
xiii, 80 hlm.: tab.: ilus.; 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
302.230 7
Content Type
Text
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Media Massa
Ilmu Komunikasi
Media Komunikasi
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Dewi
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • REPRESENTASI STIGMATISASI ODGJ PADA MEDIA MASSA (ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN PKS VERSI ISTRI DICULIK)
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search