Skripsi
REPRESENTASI STIGMATISASI ODGJ PADA MEDIA MASSA (ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN PKS VERSI ISTRI DICULIK)
Di jaman sekarang ini perkembangan teknologi dan komunikasi semakin luas dan
memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi. Seperti media massa,
media massa merupakan alat kontrol kekuatan bagi masyarakat untuk
mendapatkan infromasi lebih luas lagi. Pada penelitian ini, peneliti akan
membahas tentang Representasi Stigmatisasi ODGJ Pada Media Massa (Analisis
Semiotika pada Iklan PKS Versi Istri diculik) penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana representasi stigmatisasi ODGJ pada media massa iklan
PKS versi istri diculik. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Teori
Stigma dari Erving Goffman yang memiliki 2 konsep utama pemikiran tantang
stigma yaitu Self dan Identity. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah
metode kualitatif dengan analisis semiotika dari John Fiske yang memiliki tiga
asumsi yaitu melalui tiga level analisis. Pada level Realitas menggunakan kode
kostum, ekspresi, gesture, dan lingkungan. Pada level Representasi menggunakan
kode teknik kamera, dialog, dan editing. Sedangkan pada level Ideologi
menggunakan kode othering atau pe-liyan-an. Hasil dari penelitian menunjukkan
bahwa stigmatisasi terhadap ODGJ pada iklan ini yaitu secara langsung dan tidak
langsung. Stigma secara langsung berupa perkataan “sarap” dan “orang gila”
sedangkan stigma secara tidak langsung berupa beberapa adegan yang
memperlihatkan ODGJ pada iklan PKS versi istri diculik ini di media massa
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107000256 | T45340 | T453402021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available