Skripsi
ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI MARKETING IN VENUS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PRODUK ATAU LAYANAN KECANTIKAN MUSTIKA RATU DI KOTA PALEMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui indikator-indikator strategi
Marketing in Venus yang sudah diimplementasikan oleh Mustika Ratu di Kota
Palembang dan 2) mengetahui hubungan penerapan Strategi Marketing in Venus
terhadap kepuasaan pelanggan Mustika Ratu yang ada di Kota Palembang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk Business Landscajyc and its
Challenge (Xj) tidak signifikan secara statistik terhadap Kepuasan Konsumen pada
a=0,10. Hal ini terlihat dari kurangnya sosialisasi dari pihak PT. Mustika Ratu dalam
mempopulerkan pelayanan kecantikan melalui situs internet. Ditambah lagi, dalam
penelitian ini, tidak seluruh konsumen Mustika Ratu selalu berinteraksi dengan
internet. Sedangkan, indikator produk memiliki keunikan tersendiri harus
ditingkatkan lagi sebab atribut ini sangat lemah dalam mempengaruhi kepuasan
konsumen. Mengenai inovasi, indikator ini pun tidak begitu berpengaruh pada
kepuasan konsumen, ini teijadi karena konsumen merasa harga produk kosmetik
Mustika Ratu agak lebih mahal dibandingkan produk lainnya. Kemudian dalam
menawarkan dan menyediakan produk kosmetika yang sifatnya unise.r, PT. Mustika
Ratu harus lebih gencar lagi dalam mensosialisasikan produk tersebut. Untuk
variabel Value Creating Strategy (K2) dan Tactic (Xj) dalam penelitian ini secara
statistik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Untuk memperbaiki pengaruh variabel Business Lnadscape and its
Challenge (Xj), penulis menyarankan agar PT. Mustika Ratu untuk melakukan
pengembangan ulang atau sosialisasi kembali mengenai layanan kecantikan melalui
situs internet. Untuk keunikan produk, PT. Mustika Ratu harus menciptakan sensasi
keunikan tersendiri bagi konsumennya misalnya trend warna tata rias tiap tahunnya.
Inovasi produk yang dilakukan belum terlalu berpengaruh pada kepuasan konsumen.
Sebagian besar konsumen berpendapat bahwa inovasi produk yang dilakukan
berpengaruh pada harga produk. Untuk produk kosmetika yang sifatnya unisex, PT.
Mustika Ratu harus dapat melakukan promosi yang efektif dan tepat sasaran.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0907000472 | T44618 | T44618 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available