Text
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI SMA YKPP PENDOPO KABUPATEN PALI
Penelitian ini berjudul “Perbandingan Model Pembelajaran Word Square dengan Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI SMA YKPP Pendopo Kabupaten PALI”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah menggunakan model pembelajaran Word Square dengan menggunakan model pembelajaran Scramble di kelas XI SMA YKPP Pendopo Kabupaten PALI. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah menggunakan model pembelajaran Word Square dengan menggunakan model pembelajaran Scramble di kelas XI SMA YKPP Pendopo Kabupaten PALI. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen pertama dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen kedua. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI di SMA YKPP Pendopo Kabupaten PALI. Adapun untuk penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan adalah tes/soal. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus uji normalitas data, uji homogenitas data, dan uji t untuk pembuktian hipotesis dengan taraf signifikan dk = + = 58 dengan taraf nyata ( = 0,05). Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan pada kelas eksperimen pertama dan eksperimen kedua diperoleh = 1,778 dan = 1,671 atau > , maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah menggunakan model pembelajaran Word Square dengan menggunakan model pembelajaran Scramble di kelas XI SMA YKPP Pendopo Kabupaten PALI.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107000157 | T44966 | T449662021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available