Text
PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 INDRALAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis teks hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Indralaya. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimental dengan desain one-group pretest-posttest design. Sampel penelitian terdiri dari 29 siswa kelas X.IPA.2 yang diberi tes awal sebelum diberikan perlakuan dan tes akhir setelah diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yaitu keterampilan menulis. Sedangkan teknik pengolahan data menggunakan tes sederhana berpasangan dan uji-t dengan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan nilai mean yaitu pada pretest memiliki nilai rata-rata 51,52. Sedangkan posttest memiliki nilai rata-rata 81,67. Dari hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa nilai sig. (2 tailed) pada tabel 0,000 t tabel = 2,048. Berdasarkan hasil tersebut berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran berbasis proyek melalui pembelajaran online terhadap kemampuan menulis teks hasil observasi siswa kelas X. SMA Negeri 1 Indralaya. Oleh karena itu, model pembelajaran berbasis proyek direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah karena memiliki pengaruh terhadap pembelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam pembelajaran menulis teks berdasarkan observasi yang dilakukan secara online.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107000233 | T44684 | T446842021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available