Skripsi
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR NILAI MORAL PADA KELAS III TEMA 4 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 107 PALEMBANG
Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk bahan ajar berbentuk cetak
yang teruji valid dan efektif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini yakni wawancara dan observasi. Model penelitian pengembangan yang
digunakan yaitu model Rowntree. Model ini diawali dengan tahapan perencanaan,
pengembangan dan terakhir tahap evaluasi. Tahap evaluasi terdiri dari self
evaluation, expert review, one to one, dan small group. Hasil penelitian
menyatakan bahwa validasi dari ahli materi , media, bahasa, dan pengembangan
nilai moral, dinyatakan valid oleh masing-masing validator. Tahap selanjutnya
yakni one to one didapatkan nilai sebesar 86,52% dengan kategori efektif. Tahap
akhir yaitu small group didapatkan nilai sebesar 84,64% dengan kategori efektif,
untuk menentukan efektivitas bahan ajar nilai moral yang digunakan. Dengan
begitu bahan ajar mendapat nilai rata rata sebanyak 85,58% dengan kategori
efektif. Demikian pengembangan bahan ajar nilai moral berkseimpulan valid,
efektif dan dapat digunakan untuk pendidik dan peserta didik kelas 3 Sekolah
Dasar
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107000192 | T44571 | T445712021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available