The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh model pembelajaran problem based insruction terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran fisika di SMAN 1 Lahat

Text

Pengaruh model pembelajaran problem based insruction terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran fisika di SMAN 1 Lahat

Magdalena Bahar - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran fisika kelas X di SMAN 1 Lahat. Penelitian dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan rancangan non-equivalent control group design. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, dimana kelas X.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.1 sebagai kelas kontrol. Proses pembelajaran di kelas eksperimen mendapatkan perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Instruction dan di kelas kontrol diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data menggunakan teknik tes berbentuk soal essai sebanyak 8 soal untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa dan lembar observasi untuk melihat aktivitas siswa dan keterlaksanaan pembelajarannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa N-gain rata-rata yang diperoleh siswa kelas eksperimen adalah 0,58 dengan kategori sedang dan N-gain rata-rata yang diperoleh siswa kelas kontrol adalah 0,44 dengan kategori sedang. Secara statistik dengan perhitungan menggunakan Uji t pada taraf signifikan (α) = 0,05 diperoleh thitung = 2,13 sedangkan ttabel = 1,99, terlihat bahwa thitung > ttabel. Oleh karena itu H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran fisika di kelas X SMAN 1 Lahat.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
-
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015
Collation
viii, 63 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Model pembelajaran Problem Based Instruction
berpikir kreatif
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search