Text
Pengaruh model pembelajaran problem based insruction terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran fisika di SMAN 1 Lahat
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran fisika kelas X di SMAN 1 Lahat. Penelitian dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan rancangan non-equivalent control group design. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, dimana kelas X.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.1 sebagai kelas kontrol. Proses pembelajaran di kelas eksperimen mendapatkan perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Instruction dan di kelas kontrol diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data menggunakan teknik tes berbentuk soal essai sebanyak 8 soal untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa dan lembar observasi untuk melihat aktivitas siswa dan keterlaksanaan pembelajarannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa N-gain rata-rata yang diperoleh siswa kelas eksperimen adalah 0,58 dengan kategori sedang dan N-gain rata-rata yang diperoleh siswa kelas kontrol adalah 0,44 dengan kategori sedang. Secara statistik dengan perhitungan menggunakan Uji t pada taraf signifikan (α) = 0,05 diperoleh thitung = 2,13 sedangkan ttabel = 1,99, terlihat bahwa thitung > ttabel. Oleh karena itu H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran fisika di kelas X SMAN 1 Lahat.
No copy data
No other version available