Text
ANALISIS KESESUAIAN MATERI PEMBELAJARAN DENGAN KOMPETENSI DASAR PADA BUKU TEMATIK TEMA 3 KELAS IV SEKOLAH DASAR EDISI REVSI 2017
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian materi pembelajaran dengan kompetensi dasar pada buku tematik tema 3 kelas IV SD edisi revisi 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah buku tematik tema 3 kelas IV SD serta guru kelas dan salah satu peserta didik kelas IV dari SDN 99 OKU. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara. Dalam penelitian ini dilakukan analisis yang mencakup 3 ranah yaitu, ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik. Pada ranah afektif teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, sedangkan ranah kognitif dan psikomotorik teknik pengumpulan datanya menggunakan studi dokumentasi dengan menganalisis menggunakan 2 aspek yang dianalisis. Berdasarkan hasil wawancara kepada guru dan peserta didik untuk melihat tingkat kesesuaian pada ranah afektif yaitu sudah sangat sesuai. Sedangkan untuk hasil analisis tingkat kesesuaian antara materi pembelajaran dengan kompetensi dasar pada ranah kognitif dan psikomotorik secara keseluruhan dari 2 aspek yang di analisis mendapatkan hasil yang termasuk pada kategori sangat sesuai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kesesuaian materi pembelajaran dengan kompetensi dasar pada buku tematik tema 3 kelas IV SD edisi revisi 2017 ini sudah sangat sesuai
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107000110 | T44586 | T445862021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available