Text
Studi motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran self regulated learning di Kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Raja
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Self Regulated Learning (SRL). Penelitian ini dilaksanakan enam kali pertemuan di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Tanjung Raja pada pokok bahasan fluida statis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpul data menggunakan angket motivasi belajar siswa dan lembar observasi. Angket digunakan untuk melihat gambaran motivasi belajar siswa yang terdiri dari lima indikator yaitu komponen nilai, komponen harapan, komponen afektif, strategi-strategi kognitif dan metakognitif, dan strategistrategi pengelolaan sumber pengetahuan. Untuk indikator komponen nilai motivasi belajar siswa mempunyai skor rata-rata sebesar 20,2 dengan kategori motivasi tinggi, indikator komponen harapan motivasi belajar siswa mempunyai skor rata-rata sebesar 29,9 dengan kategori motivasi tinggi, indikator komponen afektif motivasi belajar siswa mempunyai skor rata-rata sebsar 3,8 dengan kategori motivasi sedang, indikator strategi-strategi kognitif dan metakognitif motivasi belajar siswa mempunyai skor rata-rata sebesar 38,2 dengan kategori tinggi, dan untuk indikator strategi-strategi pengelolaan sumber pengetahuan motivasi belajar siswa mempunyai skor rata-rata sebesar 27,2 dengan kategori motivasi tinggi. Sedangkan, lembar observasi digunakan untuk melihat keterlaksanaan model pembelajaran SRL dan aktivitas siswa yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, monitoring, kontrol, dan refleksi. Berdasarkan data yang diperoleh keterlaksanaan model pembelajaran self regulated learning terlaksana 89% dan observasi aktivitas siswa terlaksana 82%.
No copy data
No other version available