The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Studi motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran self regulated learning di Kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Raja

Text

Studi motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran self regulated learning di Kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Raja

Anggraini Puspasari - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Self Regulated Learning (SRL). Penelitian ini dilaksanakan enam kali pertemuan di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Tanjung Raja pada pokok bahasan fluida statis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpul data menggunakan angket motivasi belajar siswa dan lembar observasi. Angket digunakan untuk melihat gambaran motivasi belajar siswa yang terdiri dari lima indikator yaitu komponen nilai, komponen harapan, komponen afektif, strategi-strategi kognitif dan metakognitif, dan strategistrategi pengelolaan sumber pengetahuan. Untuk indikator komponen nilai motivasi belajar siswa mempunyai skor rata-rata sebesar 20,2 dengan kategori motivasi tinggi, indikator komponen harapan motivasi belajar siswa mempunyai skor rata-rata sebesar 29,9 dengan kategori motivasi tinggi, indikator komponen afektif motivasi belajar siswa mempunyai skor rata-rata sebsar 3,8 dengan kategori motivasi sedang, indikator strategi-strategi kognitif dan metakognitif motivasi belajar siswa mempunyai skor rata-rata sebesar 38,2 dengan kategori tinggi, dan untuk indikator strategi-strategi pengelolaan sumber pengetahuan motivasi belajar siswa mempunyai skor rata-rata sebesar 27,2 dengan kategori motivasi tinggi. Sedangkan, lembar observasi digunakan untuk melihat keterlaksanaan model pembelajaran SRL dan aktivitas siswa yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, monitoring, kontrol, dan refleksi. Berdasarkan data yang diperoleh keterlaksanaan model pembelajaran self regulated learning terlaksana 89% dan observasi aktivitas siswa terlaksana 82%.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
-
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015
Collation
vii, 38 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Motivasi Belajar
Model Pembelajaran Self Regulated Learning
Fluida Statis
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search