Text
UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 135 PALEMBANG PADA MATERI GEOMETRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS POWERPOINT
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik
pada materi geometri di kelas IV SD Negeri 135 Palembang dengan menggunakan
media berbasis PowerPoint. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus tindakan. Setiap siklus meliputi empay
tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik
penggumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil penelitian
menunjukan bahwa penggunaan media berbasis PowerPoint dapat meningkatkan
hasil belajar dalam pembelajaran matematika tentang segi banyak. Hal ini terlihat
dari ketuntasan belajar peserta didik di siklus I dengan presentase sebesar 63,63%
dan pada siklus ke II ketuntasan belajar peserta didik meningkat dengan presentase
sebesar 87,87%. Dari hasil Observasi, keaktifan peserta didik mengalami
peningkatan, hal ini terlihat pada siklus I dengan presentase sebesar 56,15% dalam
kategori cukup aktif dan siklus II meningkat menjadi 88,82% dalam kategori sangat
aktif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media
berbasis PowerPoint dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi
geometri yaitu tentang segi banyak di kelas IV SD Negeri 135 Palembang.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107000092 | T44281 | T442812021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available