Text
Peran modal sosial terhadap pedagang etnis minang di pasar tradisional kota Baturaja
Tujuan penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran modal sosial pedagang etnis Minang di Pasar Tradisional Kota Baturaja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan unit analisis komunitas etnis minang yang berdagang di Pasara Tradisional Kota Baturaja. Penelitian ini menggunakan teori modal sosial Robert M.Z Lawang modal sosial Putnam yang terdiri dari tiga konsep, yaitu kepercayaan, jaringan, dan norma sosial. Penentuan informan dilakukan secara purposive dengan tujuan untuk mendapatkan informasi yang lebih mendetail sesuai dengan permasalahanpenelitian. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu reduksi data, tahap penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bhawa peran modal sosial pedagang etnis minang di pasar tradisional Kota Baturaja dalam mempertahankan usaha dagangnya. Kepercayaan membantu untuk mengambil keputusan dan membentuk jaringan sosial. Jaringan sosial pedagang etnis Minang merupakan hubungan yang saling memberi informasi, membentuk suatu peguyuhan dan menambah rekan bisnis. Norma sosial diciptakan untuk kepentingan bersama. Norma sosial diciptakan untuk menjaga kenyamanan pasar, penyimpangan perilaku dalam perdagangan, untuk mengatur transaksi perdagangan, membantu pelaku perdagangan mendapatkan kepercayaan dari pihak lain, menjaga kebersamaan dan menjaga hubungan baik antar individu maupun jaringan sosial sehingga memperlancar kegiatan kegiatan perdagangan terutama pedagnag etnis Minang di pasar tradisional Kota Baturaja.
No copy data
No other version available