Text
ANALISIS PENINGKATAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN PAJAK MELALUI KUALITAS PELAYANAN FISKUS (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Palembang Ilir Barat)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya yang akan atau telah
dilakukan oleh petugas pajak (fiskus) dalam rangka untuk meningkatkan kepatuhan
Wajib Pajak Orang Pribadi dan Wajib Pajak Badan. Sumber data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah hasil wawancara kepada Pelaksana Seksi Pelayanan yang bekeija
pada KPP Pratama Palembang Ilir Barat. Metode analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Dari penelitian ini didapatkan hasil
bahwa kualitas pelayanan fiskus mempengaruhi kepatuhan Wajib Pajak dan penerimaan
pajak, karena ketiga variabel tersebut saling berhubungan satu sama lain. Untuk 3 (tiga)
tahun terakhir, petugas fiskus sedang fokus untuk meningkatkan penerimaan pajak
melalui PP 46 yang dikenakan bagi UMKM. Penerimaan pajak pada KPP Pratama
Palembang Ilir Barat bersifat fluktuatif dan kepatuhan Wajib Pajak masih berada pada
angka 60 % dari jumlah Wajib Pajak terdaftar. Sejauh ini kelemahan dari KPP Pratama
Palembang Ilir Barat adalah lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menunggu antrean
dalam pelaporan pajak.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1707000986 | T43433 | T434332017 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available