The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERN PIUTANG PELANGGAN PT. PLN (PERSERO) AREA PELAYANAN  JARINGAN PAGAR ALAM

Skripsi

EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERN PIUTANG PELANGGAN PT. PLN (PERSERO) AREA PELAYANAN JARINGAN PAGAR ALAM

Halim, M. Derry - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Piutang merupakan akun yang sangat material jumlahnya bagi PT PLN, oleh karena itu diperlukan adanya pengendalian internal terhadap piutang. Hal ini ditujukan agar mengurangi kesalahan pada pencatatan piutang, karena apabila terdapat salah catat yang dilakukan oleh perusahaan bisa merugikan pihak pelanggan, dan itu bisa memperburuk citra PT PLN di hadapan para pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah sistem pengendalian internal terhadap piutang pelanggan di PT. PLN Area Pelayanan Jaringan (APJ) Fagar Alam sudah berjalan dengan efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT. PLN Area Pelayanan Jaringan (APJ) Pagar Alam telah melakukan pengendalian intem terhadap piutang pelanggan dengan baik dimana perusahaan ini telah membagi struktur organisasi yang tepat untuk pengelolaan piutang pelanggan. Aktivitas pengendalian piutang pelanggan di APJ dilakukan oleh fungsi pembukuan pelanggan, fungsi penagihan, dan fungsi pengawasan kredit, dimana masing-masing fungsi tersebut memiliki pemisahan tugas dan wewenang yang berbeda. Sistem dan prosedur piutang PT. PLN Persero Cabang Pagar Alam juga berjalan dengan baik dimana proses munculnya piutang diawali dengan pembacaan meter, pemakaian tenaga listrik setiap bulannya dicatat melalui angka pada KWHmeler dibangunan pelanggan, kemudian menghasilkan data stand meter. Data stand meter digunakan sebagai sumber data untuk pembuatan rekening listrik. Rekening listrik juga dibuat berdasarkan perhitungan Tarif Dasar Listrik yang telah ditentukan. Selanjutnya penagihan piutang akan dilakukan menggunakan Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat yang bekerja sama dengan mitra-mitra pembayaran rekening listrik yang tersebar di wilayah Pagar Alam


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
1407003964T43303T433032014Central Library (REFERENCES)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T433032014
Publisher
Palembang : Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya., 2014
Collation
xiii, 60 hlm.; tab.; 29 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
657.450 7
Content Type
Text
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Akuntansi Biaya
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
MI
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERN PIUTANG PELANGGAN PT. PLN (PERSERO) AREA PELAYANAN JARINGAN PAGAR ALAM
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search