Text
Pengembangan bahan ajar pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel menggunakan pendekatan scientific di kelas VII SMP
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan bahan ajar pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel menggunakan pendekatan scientific di kelas VII SMP yang valid dan praktis; (2) memperoleh gambaran efek potensial penggunaan bahan ajar terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau development research yang terdiri dari tahap preliminary dan tahap formative evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan cara walk through, analisis dokumen, observasi, dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 33 Palembang yang berjumlah 39 orang. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) bahan ajar persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel menggunakan pendekatan scientific yang valid dan praktis; (2) melalui field test, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel yang dikembangkan menggunakan pendekatan scientific memberikan efek potensial terhadap hasil belajar siswa dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 84,3 atau 3,37 (nilai hasil konversi) yang dikategorikan baik dengan 37 siswa dari 39 siswa atau 94,87% siswa yang mendapatkan nilai akhir .2,66 dan sikap siswa menunjukkan kategori positif (baik) terhadap proses pembelajaran matematika.
No copy data
No other version available