Text
Kemampuan penalaran siswa pokok bahasan aritmatika sosial melalui pendekatan scientific di kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang kemampuan penalaran siswa pokok bahasan aritmatika sosial melalui pendekatan scientific di kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.6 yang berjumlah 29 orang. Pengumpulan data kemampuan penalaran siswa dilakukan melalui tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran siswa pada aritmatika sosial melalui pendekatan scientific dalam kategori baik, yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 73,55. Persentase siswa yang memiliki kemampuan penalaran sangat baik sebesar 37,93 %; 20,69 % memiliki kemampuan penalaran baik; 34,14 % memiliki kemampuan penalaran cukup; 10,34 % memiliki kemampuan penalaran kurang dan 6,89% memiliki kemampuan penalaran sangat kurang. Satu indikator penalaran yaitu kemampuan menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi dikategorikan tidak tercapai. Sedangkan enam indikator penalaran lainnya dikategorikan tercapai.
No copy data
No other version available