Text
Hubungan jejaring sosial terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan teknik mesin fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sriwijaya
Penelitian ini berjudul Hubungan Jejaring Sosial terhadap Hasil Belajar Mahasiswa
Pendidikan Teknik Mesin Indralaya FKIP UNSRI. Bertujuan mengetahui hubungan antara
Jejaring sosial dengan hasil belajar mahasiswa, juga mengetahui ada tidaknya hubungan
antara pengguna jejaring sosial dengan hasil belajar. Metode penelitian ini adalah korelasi,
alat untuk mengumpulkan data adalah angket yang telah divalidasi oleh validator dan di uji
validas, reliabitas dan normalitasnya. Teknik analisis data menggunakan skala mirip skala
likert. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa 1. Jejaring sosial memiliki dampak positif
bagi mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin. 2.Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin
cenderung sering menggunakan jejaring sosial dimana nilai kecendrungannya adalah sebesar
69.90 yang mana tergolong sering 3. Karaktesistik mahasiswa yang menjadi pengguna
jejaring sosial angkatan paling banyak adalah angkata 2012 laki-laki paling banyak, setengah
dari mereka anak kost,rata-rata mengenal jejaring sosial sejak SMA dengan rata-rata
membuka jejaring sosial >4jam/Hari dan jejaring sosialnya adalah Facebook. 4. Nilai
hubungan jejaring sosial terhadap hasil belajar sebesar 0.28 hal ini dibuktikan menggunakan
rumus corelasi product moment. Diperkuat dengan uji hipotesis t dimana jika thitung > ttabel
(2.639 > 2,46) maka Ha diterima dan Ho ditolak sehingga ada hubungan antara jejaring sosial
terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin
No copy data
No other version available