The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi memelihara unit final drive menggunakan pembelajaran kooperatif model teams games tournaments (TGT) di kelas XI TKR SMK Negeri 1 Indralaya Utara

Text

Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi memelihara unit final drive menggunakan pembelajaran kooperatif model teams games tournaments (TGT) di kelas XI TKR SMK Negeri 1 Indralaya Utara

DESMAN TELAUMBANUA - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar
siswa setelah menerapkan pembelajaran kooperatif model Teams Games
Tournaments (TGT) pada mata pelajaran produktif dengan kompetensi memelihara
unit final drive. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas
yang dilakukan dikelas XI TKR2 SMK Negeri 1 Indralaya Utara tahun pelajaran
2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Tindakan yang dilakukan
berupa penerapan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournaments
(TGT) dalam proses pembelajaran memelihara unit final drive. Penelitian ini
dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: sebelum
tindakan (T0) presentasi keaktifan siswa di kelas 30% dan nilai rata-rata hasil belajar
siswa 63,5. Sedangkan setelah tindakan pada siklus I (T1) presentasi keaktifan siswa
di kelas 65,83% dan nilai rata-rata hasil belajar siswa 65,75. Pada siklus II (T2)
presentasi keaktifan siswa di kelas 70% dan nilai rata-rata hasil belajar siswa 74.
Serta pada siklus III (T3) presentasi keaktifan siswa di kelas 80,41% dan nilai
rata-rata hasil belajar siswa 82,75. Berdasrkan hasil analisis dan pembahasan hasil
penelitian yang telah diuraikan diatas dapat disimpulkan bahwa hipotesis
dapat diterima yaitu T3 ˃T2˃T1˃T0. Maka penerapan pembelajaran kooperatif
model Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar
siswa d ikelas XI TKR2 SMK
Negeri 1 Indaralaya Utara.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
Des u 2015
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015
Collation
xvi, 108 hlm.:ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
aktifitas dan hasil belajar, pembelajaraan koopera
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search