Text
Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi memelihara unit final drive menggunakan pembelajaran kooperatif model teams games tournaments (TGT) di kelas XI TKR SMK Negeri 1 Indralaya Utara
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar
siswa setelah menerapkan pembelajaran kooperatif model Teams Games
Tournaments (TGT) pada mata pelajaran produktif dengan kompetensi memelihara
unit final drive. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas
yang dilakukan dikelas XI TKR2 SMK Negeri 1 Indralaya Utara tahun pelajaran
2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Tindakan yang dilakukan
berupa penerapan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournaments
(TGT) dalam proses pembelajaran memelihara unit final drive. Penelitian ini
dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: sebelum
tindakan (T0) presentasi keaktifan siswa di kelas 30% dan nilai rata-rata hasil belajar
siswa 63,5. Sedangkan setelah tindakan pada siklus I (T1) presentasi keaktifan siswa
di kelas 65,83% dan nilai rata-rata hasil belajar siswa 65,75. Pada siklus II (T2)
presentasi keaktifan siswa di kelas 70% dan nilai rata-rata hasil belajar siswa 74.
Serta pada siklus III (T3) presentasi keaktifan siswa di kelas 80,41% dan nilai
rata-rata hasil belajar siswa 82,75. Berdasrkan hasil analisis dan pembahasan hasil
penelitian yang telah diuraikan diatas dapat disimpulkan bahwa hipotesis
dapat diterima yaitu T3 ˃T2˃T1˃T0. Maka penerapan pembelajaran kooperatif
model Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar
siswa d ikelas XI TKR2 SMK
Negeri 1 Indaralaya Utara.
No copy data
No other version available