Text
Penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran fisika di kelas VIII SMP Negeri 1 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran fisika pada materi alat – alat optik dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan mengetahui aktivitas serta hasil belajar fisika siswa di Kelas VIII SMP Negeri 1 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 di SMP Negeri 1 Palembang Tahun ajaran 2013/2014. Pengumpulan data dilakukan dengan penilaian tugas berupa proyek, hasil belajar siswa berupa soal pilihan ganda, lembar angket aktivitas siswa, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek memiliki persentase keterlaksanaan yaitu 82,27%, aktivitas siswa dikelas setiap pertemuannya mengalami peningkatan serta didapatkan data hasil belajar siswa dalam aspek pengetahuan dan keterampilan. Hasil belajar (pengetahuan) siswa setelah mendapatkan penerapan model pembelajaran berbasis proyek ini adalah nilai belajar siswa secara individu terdapat persentase 68,75 % siswa dalam kategori tuntas dan 31,25% siswa yang dalam kategori tidak tuntas.
No copy data
No other version available