Text
pengaruh penerapan model pembelajaran berpikir induktif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Animalia di SMA
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran Berpikir Induktif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Animalia di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Pre-eksperimental (One Group Pretest-Posttest Design). Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X.B di SMAN 9 Palembang yang berjumlah 39 orang. Teknik pemilihan kelas sampel yang digunakan adalah teknik acak (random). Analisis data hasil belajar menggunakan gain dan n-gain, serta diuji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil belajar peserta didik dilihat berdasarkan nilai posttest pada materi Animalia yang diberikan di akhir pertemuan dan diuji menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian nilai rata-rata pretest adalah 43,50, posttest adalah 88,12, gain adalah 44,62 dan n-gain adalah 0,79 dengan kategori tinggi. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran berpikir induktif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Animalia di SMA.
No copy data
No other version available