Text
Studi pelaksanaan pembelajaran menurut kurikulum 2013 pada mata pelajaran fisika di SMA Negeri 13 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Pelajaran Fisikadi SMA Negeri 13 Palembang sertamengetahui kelengkapan sarana prasarana penunjang dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data observasi yang digunakan adalah kegiatan pendahuluan, kegiatan inti yang terdiri dari lima pokok pengalaman belajar dan kegiatan penutup berdasarkan lampiran Permendikbud No. 81 A. Wawancara dilakukan kepada guru dan kepala sekolah untuk mengetahui kendala dalam pelaksanaan Kurikulum 2013. Dokumentasi berupa RPP yang digunakan oleh guru. Hasil observasi yang dilakukan pada dua guru mata pelajaran fisika, diketahui pelaksanaan Kurikulum 2013 pada kegiatan KBM telah memenuhi lima pokok pengalaman belajar 2013 dengan keterlaksanaan dalam kategori tinggi dengan rerata persentase di kelas X MS 3 sebesar 64,78 % dan di kelas X MS 6 sebesar 66,66 %. Selain itu kegiatan pembelajaran di kelas juga dicocokan dengan Buku Guru dan RPP yang dibuat guru.Dari dari hasil wawancara diketahuisumber belajar, sarana dan prasarana penunjang pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran keseluruhannya tersedia, sementara untuk kendala yang dihadapi guru mata pelajaran fisika pada pelaksanaan Kurikulum 2013 diantaranya adalah format penilaian, materi pembelajaran yang berbeda, dan jam pembelajaran kurang.
No copy data
No other version available