Text
Pengaruh model somatic auditory visualization intellektualy (SAVI) terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kayuagung
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Somatic Auditory Visualization Intellektualy (SAVI) terhadap
Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Kayuagung.” Masalah dalam penelitian
ini adalah apakah Model Somatic Auditory Visualization Intellektualy (SAVI) berpengaruh terhadap
Kegiatan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Kayuagung. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah eksperimen semu. Sampel penelitian berjumlah 64 orang siswa dengan rincian 32
siswa terdiri dari kelas XI.IS.2 sebagai kelas eksperimen mendapat pembelajaran menulis dengan model
SAVI dan 32 siswa kelas XI.IS.3 sebagai kelas kontrol mendapat pembelajaran menulis dengan model
discovery. Teknik pengumpulan datayang digunakan adalah teknik tes, sedangkan teknik pengelolaan
data yang digunakan adalah perhitungan uji-t menggunakan program SPSS 20. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai
rata-rata tes akhir eksperimen sebesar 77,87 sedangkan kontrol sebesar 68,08. Hasil pengitungan uji-t,
menunjukkan bahwa thitung>ttabel 3,661>1,670 dengan df 62 pada tingkat keberhasilan 95% (α=0.05).
Dengan demikian Ha yang berbunyi “ada perbedaan kemampuan siswa dalam menulis cerpen yang
diajarkan menggunakan Model Somatic Auditory Visualization Intellektualy (SAVI) dan siswa yang
diajarkan menggunakan model discovery” terbukti kebenarannya
No copy data
No other version available