Text
Peningkatan hasil belajar ips melalui model mind mapping pada siswa kelas IV SD Negeri 42 Palembang
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model Mind Mapping di kelas IV SD Negeri 42 Palembang. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVe yang berjumlah 29 orang siswa, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Analisis data menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yaitu mengalami peningkatan, terbukti dari nilai rata-rata pada siklus I mengalami peningkatan dibanding nilai pra siklus yaitu dari 60 menjadi 60 dengan persentase ketuntasan 37,93% menjadi 65,52%. Kemudian rata-rata pada siklus II meningkat dari siklus I yaitu dari 60 menjadi 71 dengan persentase ketuntasan 65,52% menjadi 89,95%. Persentase keaktifan rata-rata siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 65% ke siklus II menjadi 79%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Maka peneliti menyarankan agar guru menggunakan model Mind Mapping dalam proses belajar mengajar.
No copy data
No other version available