Text
Hubungan motivasi belajar dan minat baca terhadap kemampuan menyusun teks prosedur siswa kelas VIII SMP Negeri 33 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan korelasi motivasi belajar terhadap kemampuan menyusun teks prosedur, minat baca terhadap kemampuan menyusun teks prosedur dan mendeskripsikan korelasi motivasi belajar dan minat baca terhadap kemampuan menyusun teks prosedur siswa kelas VIII SMP Negeri 33 Palembang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode statistik dan metode survey dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.4 dan VIII.6 SMP Negeri 33 Palembang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling (acak). Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk mengukur motivasi belajar dan minat baca sedangkan tes digunakan untuk mengukur kemampuan menyusun teks prosedur. Teknik analisis data yang diukur adalah korelasi sederhana dan korelasi ganda, regresi sederhana dan regresi ganda. Penghitungan data menggunakan program SPSS versi 19. Hasil penelitiannya adalah motivasi belajar dengan kemampuan menyusun teks prosedur memiliki hubungan positif yakni dengan nilai R² 0.607. Minat baca dengan kemampuan menyusun teks prosedur memiliki hubungan yang positif yakni dengan nilai R² 0.663. Motivasi belajar dan minat baca terhadap kemampuan menyusun teks prosedur memiliki hubungan yang positif dengan nilai R² 0.608. Oleh karena itu guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, sebaiknya memberikan motivasi kepada siswa, sehingga siswa memiliki minat yang tinggi dalam belajar maupun dalam mengerjakan tugas sekolah.
No copy data
No other version available