Text
Pengaruh penerapan model konsiderasi terhadap pembentukan watak kewarganegaraan (civic disposition) siswa pada mata pelajaran ppkn di SMA N 1 Belitang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran konsiderasi terhadap pembentukan watak kewarganegaraan (civic
disposition) siswa pada matapelajaran PPKn di SMA Negeri I Belitang. Penelitian ini
merupakan quasi eksperimental design. Teknik sampling menggunakan purposive
sampling yaitu kelas X IPS 5 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 4 sebagai kelas
kontrol. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, observasi dan angket.
Teknik analisis data menggunakan uji-t. Dari analisis dan pembahasan disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh penerapan model Pembelajaran konsiderasi Terhadap
pembentukan watak kewarganegaraan (civic disposition) Siswa Pada Matapelajaran
PPKn di SMA Negeri I Belitang. Terbukti dari rata-rata hasil observasi watak
kewarganegaraan (civic disposition) siswa pada pertemuan pertama 65% meningkat
menjadi 90 % pada pertemuan ke enam dengan rata rata 80% masuk dalam kategori
menjadi kebiasaan. Menggunakan SPSS 21.0 melalui analisis uji-t diperoleh nilai t
hitung = 15,271, sedangkan t tabel = 1,670 Dengan demikian thitung>ttabel, tolak Ho dan
terima Ha, artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model
pembelajaran konsiderasi terhadap pembentukan watak kewarganegaraan (civic
disposition) siswa pada matapelajaran PPKn di SMA N 1 Belitang. saran untuk
siswa diharapkan dapat meningkatkan aspek afektif (sikap/nilai), dengan cara
memahami dan mempraktekkan watak kewarganegaraan (civic disposition), bagi
guru diharapkan guru dapat memvariasikan model pembelajaran.
No copy data
No other version available