Text
Peningkatan keaktifan dan hasil belajar kimia melalui penerapan model pembelajaran tipe tsts (Two Stay Two Stray) siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 9 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kimia
siswa dengan menerapkan model pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) di
kelas XI IPA 5 SMA Negeri 9 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan lembar observasi dan tes akhir siklus. Ketuntasan hasil
belajar siswa sebelum tindakan 10,25%, setelah diberi tindakan dengan
menggunakan model pembelajaran TSTS (Two Stay two Stray) ketuntasan hasil
belajar siswa meningkat sebesar 41,02% dan persentase keaktifan siswa sebesar
51,40%. Siklus II ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 79,48% dan
keaktifan belajar siswa mencapai 60,55%, dikarenakan terjadi perbaikan tindakan
yaitu diskusi, menjawab pertanyaan dalam LKPD, membaca pustaka, bertanya,
dan menjelaskan kepada kelompok lain pada saat proses pembelajaran, dengan
cara membimbing siswa dalam berdiskusi. Ketuntasan hasil belajar siswa
meningkat menjadi 94,87% dan persentase keaktifan belajar siswa sebesar
66,53% setelah dilakukan perbaikan tindakan yaitu menjelaskan ke kelompok
masing-masing saat proses pembelajaran, tidak dilanjutkan ke siklus IV
dikarenakan ketuntasan hasil belajar dan keaktifan siswa telah mencapai indikator
keberhasilan. Hasil menunjukkan terjadinya peningkatan keaktifan dan hasil
belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran TSTS (Two Stay Two
Stray), dapat disimpulkan T0>T1>T2>T3. Disaran kepada guru dan peneliti lain
yang mengalami masalah yang sama dalam pembelajaran dapat menerapkan
model pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) agar hasil belajar dan keaktifan
siswa dapat meningkat.
No copy data
No other version available