Text
Pemberian soal open-ended pokok bahasan bangun ruang untuk melatih kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 50 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa berkomunikasi dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan soal-soal open ended. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.7 SMP Negeri 50 Palembang Tahun Ajaran 2014/2015. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Observasi selama proses pembelajaran digunakan untuk melihat kemampuan komunikasi siswa secara lisan dan tulisan, sedangkan tes digunakan untuk melihat kemampuan komunikasi siswa secara tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator kemampuan komunikasi siswa yang paling sering muncul dalam pembelajaran menggunakan soal open-ended adalah kemampuan mendengar, kemampuan membaca dengan pemahaman, dan kemampuan menulis secara matematis. Indikator kemampuan komunikasi siswa yang jarang muncul adalah kemampuan berbicara siswa dalam menyampaikan saran, argumen, kesimpulan bahkan bertanya.
No copy data
No other version available