Text
Analisis service quality terhadap loyalitas sponsor pada Global Radio 101 FM di Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh service quality meliputi variabel tangible/bukti
fisik (X1), reliability/reliabilitas (X2), responsiveness/daya tanggap (X3), assurance/jaminan (X4), dan
empathy/empati (X5) terhadap loyalitas sponsor Global Radio Palembang dan untuk mengetahui
variabel manakah yang paling berpengaruh signifikan terhadap loyalitas sponsor Global Radio
Palembang. Dalam penelitian ini terdapat dua jenis data yaitu data primer (diperoleh langsung dari
responden melalui kuesioner) dan data sekunder (diperoleh dari buku, internet, skripsi, artikel, jurnal
dan sumber lainnya. Jumlah sampel sebanyak 120 responden, teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah non probability sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah
uji T, uji F dan analisis regresi berganda. Hasil uji T adalah variabel assurance/jaminan (X4) dengan
tingkat signifikansi sebesar 0.51 dan variabel empathy/empati (X5) dengan tingkat signifikansi sebesar
0.000. Hasil uji F adalah dengan nilai F hitung sebesar 371.414 dengan tingkat signifikansi sebesar
0.000. Sedangkan variabel yang paling berpengaruh dominan terhadap loyalitas sponsor Global Radio
Palembang adalah variabel assurance/jaminan (X4) dan variabel empathy/empati (X5) dengan nilai
koefisien sebesar 0.179 dan sebesar 0.981. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat
disimpulkan bahwa:
1. Variabel tangible (X1), reliability (X2), responsiveness (X3), assurance (X4) dan empathy (X5)
berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas sponsor pada Global Radio 101 FM di Palembang.
2. Variabel bebas yang berpengaruh paling signifikan terhadap loyalitas sponsor pada Global Radio
101 FM di Palembang adalah variabel assurance atau jaminan (X4) dan empathy atau empati (X5).
Kata kunci: Service Quality (Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy), Loyalitas Sponsor
No copy data
No other version available