Text
Pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning (PJBL) terhadap keterampilan proses sains (KPS) dan hasil belajar peserta didik pada materi pencemaran lingkungan kelas X SMA Negeri 1 Indralaya
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai pengaruh penerapan
model pembelajaran project based learning (Pembelajaran berbasis proyek) terhadap
keterampilan proses sains (KPS) dan hasil belajar aspek kognitif dan psikomotorik
peserta didik pada materi pencemaran lingkungan kelas X MIA 1 SMA Negeri 1
Indralaya. Aspek KPS yang diamati yaitu mengamati, mengelompokkan, menafsirkan
pengamatan, mengajukan pertanyaan, merencanakan percobaan dan
mengkomunikasikan. Penelitian ini menerapkan metode Pre-Experimental Design
dengan design One-Group Pretest-Postest. Pengambilan data dilakukan di kelas X
MIA 1 dengan jumlah sampel 31 orang dengan teknik pengambilan sampel simple
random sampling. Pengumpulan data KPS dilakukan melalui observasi selama proses
pembelajaran disesuaikan dengan tahapan pembelajaran project based learning.
Teknik pengumpulan data hasil belajar aspek kognitif melalui tes tertulis sedangkan
aspek psikomotorik melalui observasi penilaian proyek. Hasil analisis deskripsi
kinerja KPS menunjukkan bahwa aspek KPS yang muncul dalam penelitian adalah
mengamati, mengelompokkan, menafsirkan pengamatan, mengajukan pertanyaan,
merencanakan percobaan dan berkomunikasi. Hasil analisis deskripsi penilaian
proyek menunjukkan bahwa hasil belajar aspek psikomotorik berada pada kategori A.
Uji hipotesis hasil belajar aspek kognitif berupa tes penguasaan konsep menggunakan
uji-t pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel, yakni 9,22 ≥ 2,04
sehingga dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran project based learning
berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIA 1 SMA
Negeri 1 Indralaya pada materi pencemaran lingkungan
No copy data
No other version available