The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning (PJBL) terhadap keterampilan proses sains (KPS) dan hasil belajar peserta didik pada materi pencemaran lingkungan kelas X SMA Negeri 1 Indralaya

Text

Pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning (PJBL) terhadap keterampilan proses sains (KPS) dan hasil belajar peserta didik pada materi pencemaran lingkungan kelas X SMA Negeri 1 Indralaya

SELLA WAHIDAH - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai pengaruh penerapan
model pembelajaran project based learning (Pembelajaran berbasis proyek) terhadap
keterampilan proses sains (KPS) dan hasil belajar aspek kognitif dan psikomotorik
peserta didik pada materi pencemaran lingkungan kelas X MIA 1 SMA Negeri 1
Indralaya. Aspek KPS yang diamati yaitu mengamati, mengelompokkan, menafsirkan
pengamatan, mengajukan pertanyaan, merencanakan percobaan dan
mengkomunikasikan. Penelitian ini menerapkan metode Pre-Experimental Design
dengan design One-Group Pretest-Postest. Pengambilan data dilakukan di kelas X
MIA 1 dengan jumlah sampel 31 orang dengan teknik pengambilan sampel simple
random sampling. Pengumpulan data KPS dilakukan melalui observasi selama proses
pembelajaran disesuaikan dengan tahapan pembelajaran project based learning.
Teknik pengumpulan data hasil belajar aspek kognitif melalui tes tertulis sedangkan
aspek psikomotorik melalui observasi penilaian proyek. Hasil analisis deskripsi
kinerja KPS menunjukkan bahwa aspek KPS yang muncul dalam penelitian adalah
mengamati, mengelompokkan, menafsirkan pengamatan, mengajukan pertanyaan,
merencanakan percobaan dan berkomunikasi. Hasil analisis deskripsi penilaian
proyek menunjukkan bahwa hasil belajar aspek psikomotorik berada pada kategori A.
Uji hipotesis hasil belajar aspek kognitif berupa tes penguasaan konsep menggunakan
uji-t pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel, yakni 9,22 ≥ 2,04
sehingga dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran project based learning
berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIA 1 SMA
Negeri 1 Indralaya pada materi pencemaran lingkungan


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
Sel p 2015
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015
Collation
xiv, 64 hlm.:ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Model Pembelajaran project based learning, keteram
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search