Text
Pola pemberdayaan anak jalanan di panti asuhan Kota Palembang
Penelitian ini berjudul Pola Pemberdayaan Anak Jalanan di Panti Asuhan Kota Palembang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pola pemberdayaan anak jalanan dan evaluasi pola pemberdayaan yang di lakukan oleh panti asuhan Anugrah dan Peduli Kasih. Panti asuhan Anugrah dan Peduli Kasih merupakan panti asuhan yang khusus menampung dan menangani masalah anak jalanan, terlantar, tidak mampu, yatim piatu yang kagiatannya antara lain dengan memberikan pendidikan formal melalui sekolah dan pendidikan agama seperti mengaji, baca tulis Al-Quran dan hidup disiplin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang mengambarkan, menjelaskan dan menguraikan masalah yang diteliti. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam pada sebelas informan serta melakukan observasi secara langsung. Hash penelitian menunjukan bahwa pola pemberdayaan anak jalanan di panti asuhan belum mengarah pada pola pemberdayaan capacity building. Namun, pemberdayaan yang dilakukan oleh panti asuhan hanya sebatas memberikan pendidikan dasar yang mengarah pada pembentukan perilaku dan pendidikan karakter yang lebih positif. Hal ini tidak sejalan dengan apa yang dikemukakan oleh Jim ife bahwa pemberdayaan lebih menekankan seseorang untuk memperoleh keterampilan, pengetahuan, dan kekuasaan yang cukup untuk mempengaruhi kehidupannya tidak hanya sekedar memberikan pendidikan karakter saja seperti yang dilakukan oleh dua panti asuhan di Kota Palembang.
Kata kunci: pola pemberdayaan, anakpanti asuhan dan evaluasi.
No copy data
No other version available