The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis pemahaman konsep siswa sma pada materi suhu dan kalor dengan instrumen TTCI di SMA Negeri Sekecamatan Ilir Barat I Palembang

Text

Analisis pemahaman konsep siswa sma pada materi suhu dan kalor dengan instrumen TTCI di SMA Negeri Sekecamatan Ilir Barat I Palembang

RERRYSTA YOLANDA - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui pemahaman konsep, jenis miskonsepsi,
dan tingkat miskonsepsi siswa pada materi suhu dan kalor. Penelitian dilakukan pada
SMA Negeri se-Kecamatan Ilir Barat I Palembang dengan sampel 94 siswa kelas X
yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan instrumen
Thermal and Transport Concept Inventory (TTCI) yang dilengkapi Certainty of
Response Index (CRI) dan wawancara. Analisis data deskriptif kualitatif digunakan
untuk mencari rata-rata CRI dan fraksi jawaban benar dan jawaban salah. Hasil
penelitian didapatkan 1) skor pemahaman konsep siswa rendah yaitu sebesar
45,28%, 2) terdapat 45,28% siswa paham konsep, 0% siswa kurang pengetahuan dan
54,72% siswa mengalami miskonsepsi, 3) siswa mengalami miskonsepsi pada
seluruh konsep yang diujikan yaitu 32 % pada konsep pemuaian zat, 44% pada
konsep perubahan pertambahan panjang terhadap perubahan suhu, 45% pada konsep
sifat anomali air, 83% pada konsep perubahan fase, 53% pada konsep laju masukan
panas terhadap perubahan suhu, 52% pada konsep suhu yang dibagi sama rata dan
82% pada konsep hubungan kapasitas kalor dengan perubahan suhu. Implikasi
penelitian, guru perlu menganalisis pemahaman konsep siswa dan memilih strategi
pembelajaran perubahan konseptual yang cocok untuk meningkatkan pemahaman
konsep dan meremediasi miskonsepsi siswa


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
Rer a 2015
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015
Collation
xvii,42 hlm.:ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Pemahaman Konsep, Miskonsepsi
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search