Text
Analisis pemahaman konsep siswa sma pada materi suhu dan kalor dengan instrumen TTCI di SMA Negeri Sekecamatan Ilir Barat I Palembang
Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui pemahaman konsep, jenis miskonsepsi,
dan tingkat miskonsepsi siswa pada materi suhu dan kalor. Penelitian dilakukan pada
SMA Negeri se-Kecamatan Ilir Barat I Palembang dengan sampel 94 siswa kelas X
yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan instrumen
Thermal and Transport Concept Inventory (TTCI) yang dilengkapi Certainty of
Response Index (CRI) dan wawancara. Analisis data deskriptif kualitatif digunakan
untuk mencari rata-rata CRI dan fraksi jawaban benar dan jawaban salah. Hasil
penelitian didapatkan 1) skor pemahaman konsep siswa rendah yaitu sebesar
45,28%, 2) terdapat 45,28% siswa paham konsep, 0% siswa kurang pengetahuan dan
54,72% siswa mengalami miskonsepsi, 3) siswa mengalami miskonsepsi pada
seluruh konsep yang diujikan yaitu 32 % pada konsep pemuaian zat, 44% pada
konsep perubahan pertambahan panjang terhadap perubahan suhu, 45% pada konsep
sifat anomali air, 83% pada konsep perubahan fase, 53% pada konsep laju masukan
panas terhadap perubahan suhu, 52% pada konsep suhu yang dibagi sama rata dan
82% pada konsep hubungan kapasitas kalor dengan perubahan suhu. Implikasi
penelitian, guru perlu menganalisis pemahaman konsep siswa dan memilih strategi
pembelajaran perubahan konseptual yang cocok untuk meningkatkan pemahaman
konsep dan meremediasi miskonsepsi siswa
No copy data
No other version available