Text
Analisis kebiasaan belajar siswa kelas akselerasi pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebiasaan belajar siswa kelas akselerasi
pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Palembang. Rumusan masalah pada
penelitian ini bagaimana kebiasaan belajar siswa kelas akselerasi pada mata
pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Palembang?. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif, subjek pada penelitian ini yaitu kelas VIII akselerasi yang berjumlah 25
siswa tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data menggunakan angket
dan wawancara. Angket diberikan kepada siswa setelah kegiatan pembelajaran
IPS, angket juga diberikan kepada orang tua sebagai data pendukung untuk
mengetahui kebiasaan belajar siswa di rumah, sedangkan wawancara dilakukan
kepada siswa dan guru IPS sebagai data pendukung mengenai kebiasaan belajar.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kebiasaan belajar yang dilakukan
siswa kelas akselerasi pada mata pelajaran IPS adalah kebiasaan belajar di sekolah
dengan persentase 70,80% pada kategori “baik”, Kebiasaan dalam menyusun
rencana belajarnya dengan persentase 64,40% pada kategori “baik”, Terakhir
kebiasaaan belajar di rumah dengan persentase 64,08% pada kaegori “baik”.
Kebiasaan belajar yang masih perlu diperhatikan yaitu kebiasaan dalam mengatur
waktu belajar IPS, kebiasaan mengulangi pelajaran IPS, membaca dan membuat
catatan IPS lebih awal dari guru, membentuk kelompok belajar di rumah, dan
mempelajari buku teks IPS lainnya. Sehingga peneliti menyarankan agar sekolah
dapat bekerja sama dengan orang tua dalam memantau kegiatan belajar siswa di
rumah, tidak hanya itu guru BK juga harus mengembangkan sebuah program
bimbingan dan konseling yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa berbakat
akademik.
No copy data
No other version available