The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis kebiasaan belajar siswa kelas akselerasi pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Palembang

Text

Analisis kebiasaan belajar siswa kelas akselerasi pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Palembang

Putri Dian Sari - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebiasaan belajar siswa kelas akselerasi
pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Palembang. Rumusan masalah pada
penelitian ini bagaimana kebiasaan belajar siswa kelas akselerasi pada mata
pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Palembang?. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif, subjek pada penelitian ini yaitu kelas VIII akselerasi yang berjumlah 25
siswa tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data menggunakan angket
dan wawancara. Angket diberikan kepada siswa setelah kegiatan pembelajaran
IPS, angket juga diberikan kepada orang tua sebagai data pendukung untuk
mengetahui kebiasaan belajar siswa di rumah, sedangkan wawancara dilakukan
kepada siswa dan guru IPS sebagai data pendukung mengenai kebiasaan belajar.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kebiasaan belajar yang dilakukan
siswa kelas akselerasi pada mata pelajaran IPS adalah kebiasaan belajar di sekolah
dengan persentase 70,80% pada kategori “baik”, Kebiasaan dalam menyusun
rencana belajarnya dengan persentase 64,40% pada kategori “baik”, Terakhir
kebiasaaan belajar di rumah dengan persentase 64,08% pada kaegori “baik”.
Kebiasaan belajar yang masih perlu diperhatikan yaitu kebiasaan dalam mengatur
waktu belajar IPS, kebiasaan mengulangi pelajaran IPS, membaca dan membuat
catatan IPS lebih awal dari guru, membentuk kelompok belajar di rumah, dan
mempelajari buku teks IPS lainnya. Sehingga peneliti menyarankan agar sekolah
dapat bekerja sama dengan orang tua dalam memantau kegiatan belajar siswa di
rumah, tidak hanya itu guru BK juga harus mengembangkan sebuah program
bimbingan dan konseling yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa berbakat
akademik.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
Put a 2015
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015
Collation
xii, 56 hlm.:ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
kebiasaan belajar, kelas akselerasi
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search